Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Tata Usaha Negara Palu

Jalan Prof. Moh Yamin, SH. No. 52 Palu, Sulawesi Tengah

Q&A E-Court PTUN Palu

Sistem Informasi Pengawasan MA-RI

Sistem Informasi Penelusuran Perkara PTUN Palu

Mahakamah Agung Republik Indonesia

PENGUMUMAN HASIL ASSESMEN AKREDITASI PENJAMINAN MUTU

PENGUMUMAN HASIL ASSESMEN AKREDITASI PENJAMINAN MUTU

Palu – Rabu, 15 Agustus 2018.

Setelah 3 hari Assesmen Akreditasi Penjaminan Mutu yang dimulai pada tanggal 12 Agustus 2018. Ketua Tim Assesor beserta anggota bertemu dengan seluruh personil PTUN Palu diruang sidang utama dengan agenda pengumuman hasil pemeriksaan Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Tata Usaha Negara Palu.

Tujuan dari agenda assesmen tersebut adalah untuk menentukan status & penilaian Pengadilan Tata Usaha Negara palu sesuai dengan Standar Akreditasi Penjaminan Mutu Ditjen Badilmiltun dan juga untuk melihat interaksi & implementasi dari kebijakan, sasaran & prosedur termasuk pencapaiannya.

Dibacakan langsung oleh Ketua Assesor yaitu Ibu. Ambar Susilowati S.H., M.H. nilai faktual yang tercapai pada 7 Area Akreditasi Penjaminan Mutu sebagai berikut :

AREA 1 : Manajemen Kepemimpinan & Sumber Daya Manusia. (Nilai Faktual : 102) Capaian : 94%

AREA 2 : Pola Bindalmin & SOP Penyelesaian Perkara. (Nilai Faktual : 2119) Capaian : 89%

AREA 3 : Sarana & Prasarana Pengadilan. (Nilai Faktual : 241) Capaian : 97%

AREA 4 : Pengelolaan SIPP & Aplikasi Berbasis I.T. (Nilai Faktual : 474) Capaian : 91%

AREA 5 : Pelayanan Meja Informasi & Meja Pengaduan. (Nilai Faktual : 372) Capaian : 99%

AREA 6 : PNBP & Biaya Proses Penyelesaian Perkara. (Nilai Faktual : 146) Capaian : 94%

AREA 7 : Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu. (Nilai Faktual : 56) Capaian : 100%

Setelah hasil penilaian dari para Tim Assesor, Pengadilan Tata Usaha Negara Palu dipandang pantas & layak mendapatkan nilai A (Excelent).

Dengan didapatkannya nilai Akreditasi tersebut, Tim Assesor juga memberikan saran perbaikan kepada area yang masih mempunyai kekurangan agar lebih meyempurnakan lagi, dan juga mengharapkan seluruh jajaran Pengadilan Tata Usaha Negara Palu untuk menjaga Mutu Pelayanan Pengadilan baik dari sisi administrasi, keyamanan kantor, & proses penyelesaian perkara, agar dapat memberikan pelayanan terbaik untuk para pencari keadilan.

Disela pengumuman hasil penilaian tersebut, Ibu. Ambar Susilowati S.H., M.H. & Bpk. Sudarsono, S.H., M.H. memberikan sedikit penjelasan secara garis besar mengenai e-court (Pengadilan Elektronik).

Aplikasi Electronic Court (e-court) dikembangkan oleh Mahkamah Agung sejak November 2017. Kala itu Mahkamah Agung yang berkolaborasi dengan SUSTAIN EU-UNDP dan Tim Pembaharuan Peradilan membentuk pokja khusus untuk mengkaji regulasi maupun saran pengembangan terhadap aplikasinya.

Aplikasi e-court merupakan perwujudan dari implementasi Peraturan Mahkamah Agung Nomor 03 tahun 2018 yaitu Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik. Aplikasi e-court merupakan sebuah sistem yang terpusat, artinya aplikasi tersebut berada di Data Center Mahkamah Agung RI yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) di Pengadilan Tingkat Pertama, sehingga tidak perlu diinstall di masing-masing server maupun website pengadilan, mengapa? Karena otomatis akan terkoneksi dengan database pada Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) di masing-masing pengadilan yang telah mengimplementasikan e-court. (klik untuk membaca selengkapnya)

Berikut lampiran foto :







RSS Berita Mahkamah Agung Republik Indonesia
  • Ketua Mahkamah Agung Dianugerahi Gelar Pemimpin Perubahan
    Jakarta " Humas : Apresiasi dan penghargaan atas keberhasilan meraih predikat Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) kepada 205 unit kerja pemerintahan yang berlangsung Senin (10/12/2018) kemarin juga disertai dengan pemberian penghargaa kepada 7 (tujuh) pimpinan lembaga yang unit-unit kerja tersebut. Ketujuh pimpinan lembaga tersebut, adalah Moermahadi Soerja Djanegara […]
  • Ma Bekerjasama Dengan Bnn Melakukan Test Urine Dilingkungan Mahkamah Agung
    Jakarta-Humas, Dalam Rangka Memberantas Penyalahgunaan NARKOBA , Mahkamah Agung bekerja sama dengan BNN melakukan Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan , Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN) dan Tes Urine. Penyalahgunaan narkoba merupakan kejahatan yang masuk dalam kategori extraordinary crime dan serius (serius crime) . sehingga masalah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba baik didunia […]
  • Focus Group Discussion (fgd) Peningkatan Fungsi Sppt Ti Pada Pengadilan Pilot Project Dan Uji Coba Pengembangan Sipp Tingkat Banding Pada 4 Lingkungan Peradilan
    Bekasi - Humas. Untuk meningkatkan pengembangan dan implementasi SPPT TI , Biro Hukum dan Humas melakukan FGD dan Uji coba pada Pengadilan Pilot Project di Hotel Amarossa Bekasi , 10 - 12 Desember 2018. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Hukum dan Humas , Dr. Abdullah Sh., MS di hadapan 48 orang peserta. Kegiatan FGD […]
  • Mahkamah Agung Raih Penghargaan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi
    Jakarta " Humas: Mahkamah Agung mendapatkan apresiasi dan penghargaan atas pelaksanaan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK). Prestasi ini diraih setelah 7 (tujuh) unit kerja pengadilan dinyatakan lulus berdasarkan hasil survey yang dilaksanakan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS). Ketujuh unit kerja pengadilan tersebut, masing-masing Pengadilan Tinggi DKI […]