Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Tata Usaha Negara Palu

Jalan Prof. Moh Yamin, SH. No. 52 Palu, Sulawesi Tengah

Q&A E-Court PTUN Palu

Sistem Informasi Pengawasan MA-RI

Sistem Informasi Penelusuran Perkara PTUN Palu

Mahakamah Agung Republik Indonesia

PENGUMUMAN HASIL ASSESMEN AKREDITASI PENJAMINAN MUTU

PENGUMUMAN HASIL ASSESMEN AKREDITASI PENJAMINAN MUTU

Palu – Rabu, 15 Agustus 2018.

Setelah 3 hari Assesmen Akreditasi Penjaminan Mutu yang dimulai pada tanggal 12 Agustus 2018. Ketua Tim Assesor beserta anggota bertemu dengan seluruh personil PTUN Palu diruang sidang utama dengan agenda pengumuman hasil pemeriksaan Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Tata Usaha Negara Palu.

Tujuan dari agenda assesmen tersebut adalah untuk menentukan status & penilaian Pengadilan Tata Usaha Negara palu sesuai dengan Standar Akreditasi Penjaminan Mutu Ditjen Badilmiltun dan juga untuk melihat interaksi & implementasi dari kebijakan, sasaran & prosedur termasuk pencapaiannya.

Dibacakan langsung oleh Ketua Assesor yaitu Ibu. Ambar Susilowati S.H., M.H. nilai faktual yang tercapai pada 7 Area Akreditasi Penjaminan Mutu sebagai berikut :

AREA 1 : Manajemen Kepemimpinan & Sumber Daya Manusia. (Nilai Faktual : 102) Capaian : 94%

AREA 2 : Pola Bindalmin & SOP Penyelesaian Perkara. (Nilai Faktual : 2119) Capaian : 89%

AREA 3 : Sarana & Prasarana Pengadilan. (Nilai Faktual : 241) Capaian : 97%

AREA 4 : Pengelolaan SIPP & Aplikasi Berbasis I.T. (Nilai Faktual : 474) Capaian : 91%

AREA 5 : Pelayanan Meja Informasi & Meja Pengaduan. (Nilai Faktual : 372) Capaian : 99%

AREA 6 : PNBP & Biaya Proses Penyelesaian Perkara. (Nilai Faktual : 146) Capaian : 94%

AREA 7 : Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu. (Nilai Faktual : 56) Capaian : 100%

Setelah hasil penilaian dari para Tim Assesor, Pengadilan Tata Usaha Negara Palu dipandang pantas & layak mendapatkan nilai A (Excelent).

Dengan didapatkannya nilai Akreditasi tersebut, Tim Assesor juga memberikan saran perbaikan kepada area yang masih mempunyai kekurangan agar lebih meyempurnakan lagi, dan juga mengharapkan seluruh jajaran Pengadilan Tata Usaha Negara Palu untuk menjaga Mutu Pelayanan Pengadilan baik dari sisi administrasi, keyamanan kantor, & proses penyelesaian perkara, agar dapat memberikan pelayanan terbaik untuk para pencari keadilan.

Disela pengumuman hasil penilaian tersebut, Ibu. Ambar Susilowati S.H., M.H. & Bpk. Sudarsono, S.H., M.H. memberikan sedikit penjelasan secara garis besar mengenai e-court (Pengadilan Elektronik).

Aplikasi Electronic Court (e-court) dikembangkan oleh Mahkamah Agung sejak November 2017. Kala itu Mahkamah Agung yang berkolaborasi dengan SUSTAIN EU-UNDP dan Tim Pembaharuan Peradilan membentuk pokja khusus untuk mengkaji regulasi maupun saran pengembangan terhadap aplikasinya.

Aplikasi e-court merupakan perwujudan dari implementasi Peraturan Mahkamah Agung Nomor 03 tahun 2018 yaitu Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik. Aplikasi e-court merupakan sebuah sistem yang terpusat, artinya aplikasi tersebut berada di Data Center Mahkamah Agung RI yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) di Pengadilan Tingkat Pertama, sehingga tidak perlu diinstall di masing-masing server maupun website pengadilan, mengapa? Karena otomatis akan terkoneksi dengan database pada Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) di masing-masing pengadilan yang telah mengimplementasikan e-court. (klik untuk membaca selengkapnya)

Berikut lampiran foto :







RSS Berita Mahkamah Agung Republik Indonesia
  • Kma Menerima Kunjungan Kehormatan Duta Besar Maroko Untuk Indonesia
    Jakarta " Humas : Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. M. Hatta Ali, SH., MH didampingi oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial dan Non Yudisial menerima kunjungan kehormatan Duta Besar ( DUBES) Maroko untuk Indonesia Ouadia Benabdellah bersama dengan Mr Mounir Belayachi (Deputy Head of Mission), pada hari Kamis, 23/5/2019 bertempat diruang Ketua MA. Pada […]
  • Perkuat Aplikasi E-court, Ma Kembangkan E-litigation
    Jakarta - Humas: Mahkamah Agung terus bergerak mengembangkan aplikasi pengadilan elektronik yang popular dengan sebutan e-court. Belum genap satu tahun setelah diluncurkan pada tanggal 13 Juli 2018 yang lalu, aplikasi tersebut kini tengah diperbaharui dengan pengembangan menu persidangan secara elektronik (e-litigation). Hal tersebut terungkap dalam pertemuan Kelompok Kerja Kemudahan Berusaha di Jakarta, Kamis-Sabtu (23-25/05/2019). Pertemuan […]
  • Peroleh Tambahan Anggaran Lewat Ba Bun, Ma Prioritaskan Implementasi E-court Dan Perumahan Hakim
    Jakarta"Humas: Pemerintah memberikan tambahan anggaran kepada Mahkamah Agung sebesar 413 milyar rupiah lewat BA BUN. Tambahan tersebut mayoritas akan dipergunakan untuk memastikan kesiapan pengadilan-pengadilan menerapkan pengadilan elektronik (e-court). Sisanya akan dipergunakan untuk meningkatkan kesejahteraan hakim melalui penyediaan bantuan sewa rumah bagi hakim yang tidak mendapatkan rumah dinas, renovasi rumah dinas hakim yang mengalami kerusakan, serta […]
  • Kunjungi Sejumlah Pengadilan, Ini Fokus Perhatian Sekretaris Ma
    Jakarta"Humas: Kesempatan menghadiri berbagai acara Mahkamah Agung di daerah dimanfaatkan juga oleh Sekretaris Mahkamah Agung, A. S. Pudjoharsoyo, S.H., M. Hum., untuk mengunjungi pengadilan-pengadilan di daerah. Hal ini ditujukan untuk melihat secara langsung kondisi obyektif pengadilan, termasuk sarana dan prasarananya. Saat menghadiri sosialisasi terpadu kesekretariatan di Pekanbaru (29/04/2019), Pudjoharsoyo berkunjung ke Pengadilan Negeri Pekanbaru, Pengadilan […]